Jumat, 27 November 2015

Festival Sinema Prancis 2015, Hadirkan 5 Film Indonesia

Festival Sinema Prancis kembali hadir di 9 kota besar di Indonesia, yaitu : Jakarta, Bandung, Denpasar, Malang, Surabaya, Medan, Yogyakarta, Makassar dan Balikpapan. Di tahun ke-20 Festival Sinema Prancis juga dimeriahkan dengan dipilihnya Garin Nugroho dan Tara Basro sebagai Duta Festival Sinema Prancis. 

IMG_8415
Direktur IFI, Marc Piton memberi sambutan

Seperti yang dikatakan oleh Marc Piton, Direktur Institut Francais Indonesia (IFI) yang juga Konselor Kerjasama dan Kebudayaan Kedubes Prancis di Indonesia,  “Tahun 2015 adalah awal baru dari 20 tahun yang akan datang di mana cakupan kerjasama dan bentuk kemitraan Indonesia-Prancis dalam bidang sinema akan semakin luas dan intens”.

Acara yang akan dihelat pada 3-6 Desember 2015 ini akan hadir dalam 3 program; Panorama – yang akan menyajikan berbagai film Prancis terbaru dari berbagai genre (drama, komedi, action hingga animasi) dan berkualitas internasional. Beberapa film Prancis yang akan tayang di Festival Sinema Prancis 2015 antara lain, Dheepan, Les Nouvelle Aventures d’Aladin (The New Adventures of Aladin), Taj Mahal, Le Petit Prince (The Little Prince), La Familie Bélier (The Bélier Family), Pourquoi j’ai pas mange mon père (Monkey Bussines), La French (The Connection), Le Père Noël (Santa Claus).

Fokus – program ini didedikasikan bagi kolaborasi sinematografi antara Prancis dan Indonesia melalui lima film, seperti; Sang Penari, Laut Bercermin, Berbagi Suami, The Photograph dan Garuda Power : The Spirit Within.

Dan terakhir Kompetisi Film Pendek – sebanyak 8 film yang berhasil lolos sebagai finalis tahun ini akan diputar sebelum pemutaran film panjang dalam program Panorama. Kedelapan film tersebut adalah Bid & Run karya Gugun Ekalaya, Iblis Jalanan karya Salman Farizi, Iman karya Nurul Ibrahim, Return to Sender karya Vera Lestafa, Sandekala karya Amriy Ramadhan, Simbiosis karya Wiranata Tanjaya, Sleep Tight Maria karya Monica Vanessa Tedja dan Taste of Fences karya Sinung Winahyoko.   

19_9_FSP


Untuk dapat menonton program Panorama yang akan diputar di jaringan XXI/21 di 9 kota besar di Indonesia, tiket dapat diperoleh di kantor IFI Jakarta, Bandung, Yogyakarta dan Balikpapan mulai tanggal 26 November 2015, seharga IDR 35.000. Dan untuk jadwal Festival Sinema Prancis lebih lengkap bisa dilihat di web www.festivalsinemaprancis.com.

Note: tulisan ini juga diposting di web NontonJKT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar