Jumat, 27 November 2015

Tara Basro Didapuk Menjadi Duta Festival Sinema Prancis 2015

Duta Festival Sinema Prancis 2015

Di tahun ke-20nya Festival Sinema Prancis memilih dua orang sineas Indonesia sebagai Duta Festival Sinema Prancis; Garin Nugroho dan Tara Basro.

IMG_8422

Garin Nugroho sudah menjadi penghubung industri film Indonesia dan Prancis sejak filmnya Daun Di Atas Bantal terpilih untuk kategori Un Certain Regard di Festival Film Cannes 1998. Tahun ini, festival film yang ia rintis, Jogja-Netpac Asian Film Festival berkolaborasi dengan Festival Sinema Prancis 2015 dalam memutar film-film Prancis berkualitas dan sesi diskusi Promosi dan Strategi Festival di IFI Yogyakarta pada 4 Desember dengan pembicara; Isabelle Glachant (Perwakilan Unifrance), Kamila Andini (Sutradara), Nan Achnas (Sutradara & Produser), dan Christine Hakim (Aktris senior Indonesia yang pernah menjadi anggota juri Cannes International Film Festival).

“Menjadi kehormatan untuk menjadi Duta Festival Sinema Prancis karena sejarah sinema prancis dari era nouvelle vague (sinema baru Prancis) hingga sekarang selalu mendorong pembuat film melahirkan karya-karya personal, dengan cara pandang sendiri di luar industri film Hollywood. Maka sudah selayaknya sinema Prancis menjadi bagian dari budaya tontonan pecinta film Indonesia,” ujar Garin atas terpilihnya sebagai Duta Festival Sinema Prancis 2015.

Lewat film A Copy Of Mind, Tara Basro, berhasil meraih penghargaan Citra untuk kategori Aktris  Wanita Terbaik dalam ajang Festival Film Indonesia (FFI) 2015. Film yang disutradarai Joko Anwar ini telah diputar di Venice Film Festival 2015, Toronto International Film Festival (TIFF), Busan Film Festival 2015dan akan segera rilis di Indonesia tahun depan.

IMG_8422


“Sinema Prancis berperan penting dalam industri film dunia ketika konsep film sebagai tontonan publik diperkenalkan pertama kalinya di Paris. Terpilih menjadi Duta Festival Sinema Prancis ke-20 dan bisa menjadi bagian dari sejarah sinema Prancis, terutama di Indonesia adalah kebanggaan tersendiri buatku. Dan aku percaya bahwa Festival Sinema Prancis juga bisa membuka kesempatan untuk para filmmaker muda yang terpilih sebagai finalis di Kompetisi Film Pendek Festival Sinema Prancis, yang tentunya akan membuka pintu untuk berkiprah dalam industri film internasional,” ujar wanita yang gemar menonton film Prancis ini. 

Note: tulisan ini juga diposting di web NontonJKT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar