Jumat, 17 Februari 2012

“Wanita Bar-Bar”

Pengalaman Antri di Antrian Wanita Koridor 6 Halte Busway Dukuh Atas 2

Gw mau curhaat!!!!

Sebenernya siih, ini bukan sekedar curhatan gw aja, tapi juga pemikiran gw, pendapat gw selama jadi ‘fans’nya TransJakarta terutama Koridor 6. Gw mau cerita pengalaman gw menggunakan TransJakarta Busway Koridor 6. Eeh tapi gw ga mau cerita tentang TransJakartanya yaah. Gw mau cerita pengalaman gw ngantri di antrian Wanita Koridor 6 TransJakarta di halte busway Dukuh Atas 2. Dan gw beri judul tulisan gw ini “Wanita Bar-Bar” (sebelumnya, maaf banget buat yg ga suka sama tulisan gw ini yg mungkin kasar atau apalah.. it’s just my opinion yaah.. kalo ga suka yaa Maap..)

Kenapa gw kasih judul “Wanita Bar-Bar”?? Let’s We Start the Stories…

Sejak Oktober akhir 2011 yang lalu gw mulai jadi penggemar setianya TransJakarta Busway lagi, terutama jam pulang kantor skitar jam 4-5 sore lah. Dan gw biasanya transit di halte Dukuh Atas 2, kadang-kadang aja transit  halte Monas tapi karena nunggu TJnya lama bangett, jadinya gw lebih sering ke Dukuh Atas lah..

Kondisi halte busway Dukuh Atas 2 emang ga pernah bisa di prediksi dengan pasti. Kadang sepi kadang ramee antriannya (di jam 4-6 sore loh yaa). Kedatangan TJ kor. 6 juga ga pernah pasti, kadang lama kadang cepet. Gw ga akan bahas tentang halte busway yang sepi antrian. Tapi gw mau bahas kondisi halte busway yang rame antrian penumpangnya (seringnya sampe naek keatas jembatan penyebrangan).

Selalu dan selalu terjadi di setiap antrian panjang, TJ yang lama datengnya (ini yg bikin antrian tambah panjang), penumpang yang mulai emosi (ga pria, ga wanita sama-sama emosi), tambah emosi lagi begitu lihat ke antrian Ibu-ibu hamil dan lansia rame (kadang ada juga yg beli tiketnya di Loket Dukuh Atas 2 ikut antrian ini). Gw ngerti siih, pulang kerja ituuu emang cape, maunya cepet-cepet sampe rumah biar bisa istirahat. Semua pasti maunya gitu kan???

Ga jugaa ternyata, ada beberapa penumpang yang antri (terutama di antrian wanita) yang maunya dapet duduk di TJ biar bisa tidur sampe Halte tujuan. Ini yang jadi masalahnya. Para wanita yang ga mau berdiri di dalem TJ otomatis ga akan masuk ke TJ kalo lihat tempat duduknya penuh. Dan otomatis mereka “harusnya” langsung menepi dari antrian biar yang di belakang mereka (yang buru-buru dan mau berdiri) bisa masuk ke dalam TJ. Kalo teratur semua baik-baik ajaa.. gw jamin…

Tapi ternyata selama ini yang gw alamin (btw, gw kadang lebih milih nunggu dapet duduk biar bisa tidur di TJ), begitu TJ berhenti di depan antrian Kor. 6 dari antrian belakang udah mulai dorong-dorong untuk maju kedepan padahal pintu TJnya aja belom dibuka.. “hello ga pake dorong-dorongan kaliii”. Ini yang gw bilang “Wanita Bar-Bar”.

Biasanya gw ngantrinya di pinggiran (biar bisa nyender maksudnya), dan saat TJ dateng otomatis gw ikut maju kedepan juga donk. Tapi, dari depan dan kanan gw dorong-dorongnya hebat banget, sampe-sampe gw ke gencet antara badan orang di kanan gw dengan dinding halte di kiri gw. Dan itu rasanya SAKIT bangett. Pernah sampe tangan gw agak luka kebaret (gw ga tau kebaret apa, tiba-tiba udah perih aja). And you know?? Ngantri TJ kor .6 di halte busway Dukuh Atas 2 saat jam pulang kantor ini mengingatkan gw saat nonton Konser The Moffatts di tahun 2000 dulu. Desek-desekan, dorong-dorongan sampe ga bisa napas (kalo konser-konser sekarang lebih rapi kan antriannya). Gw juga inget jaman-jamannya ikut Nyokap ke kantornya naek KRL, desek-desekan, dorong-dorongan dan nyaris HILANG di dalem KRL. Hampir sama.

Gw ngerti kok semua yang antri mau masuk ke dalem TJ, mau cepet-cepet sampe tempat tujuan, udah capek kerja dan segala macem alesan yang pasti beragam. Gw juga sama. tapi mungkin gw emang maunya duduk, karena gw tau kondisi gw gimana (biasanya kalo lagi ga fit gw nunggu yg dapet duduk).

Tapi, pernah ga siih kalian HEY WANITA mikir posisi yang ngantri paling depan bisa jatoh akibat dorong-dorongan? Yang badannya kecil bisa kegencet akibat dorong-dorongan?? Dan bus TransJakarta kan punya kapasitas penumpang, kalo dari halte Dukuh Atas 2 aja TJ udah penuh, nasib penumpang yang antri di Halte busway setelah Dukuh Atas 2 gimana?? Pasti ga keangkut kan?? Padahal mereka itu sama-sama ingin cepet-cepet sampe tempat tujuan, sama-sama buru-buru. THINK!!

Okey, mungkin ada sebagian yang beranggapan, “itu derita lo” atau “itu bukan urusan gw”. Ooh Ladiesss!! C’mon… TransJakarta Busway ini kan TRANSPORTASI MASSAL, untuk umum, di gunakan bersama untuk masyarakat. So, harusnya kita berbagi kan?? Biarlah petugas Outbordernya yang ngatur seberapa banyak penumpang yang boleh masuk di Halte Dukuh Atas 2.

Hmm. Ini baru kejadian hari ini. Tadi sore di Halte Dukuh Atas 2 sekitar Jam 5. Kebetulan gw pribadi emang kurang Fit dan gw nunggu yang dapet duduk. Pas gw sampe di antrian paling depan dan posisi gw udah di pinggir (minggir banget tepatnya) gw berhenti, ga naek karena emang udah penuh juga. Tapi ada satu wanita suaranya dari belakang antrian yang bilang ke petugas Outbordernya “mba, yang depan suruh maju donk” si petugasnya jawab “orangnya ga mau maju mbak”. Dan gw melihat ke samping kanan gw, ibu-ibu hampir jatoh karena di dorong dari belakang. Abis itu gw sempet denger ada yang bilang “kalo mau tidur naek taksi aja” dan gw hanya bisa ketawa dalam hati denger ucapan itu. Itu baru awal.

TJ berikutnya dateng, dan gw masih diem di tempat dan lebih memiringkan badan (mepet abiis) biar yang di belakang gw bisa masuk ke TJ. Dan apa yang gw denger “eh, mbak jangan egois dong, yang laen kan buru-buru, jangan ngalangin yang mau masuk” kurang lebih gitu deh yang gw denger. Padahal itu posisi gw udah meluk besi pilar yang nyanggah jembatan penghubung antara halte dengan TJ dan badan gw kegencet-gencet orang yang masuk, yang memungkinkan gw untuk jatoh kalo gw ga pegangan kuat-kuat. Dan gw hanya bisa tersenyum dalam hati… “hellooo sekarang siapa yang egois cobaa?? Dorong-dorong orang, ga peduli di depan udah ada yang mau jatoh Cuma biar bisa secepatnya masuk TJ, secepatnya sampe tempat tujuan.” Gw Cuma bisa berucap itu dalem hati. Miris…

Yaah, namanya juga manusia.. siapapun itu pasti punya sifat egois. Gw akuin gw emang punya sifat egois. Dan gw ga mau nyalahin orang laen. Mungkin posisi gw tadi masih ngalangin jalan orang yang mau masuk TJ. “Maaf yaa, ibu-ibu, mbak-mbak yang tadi kehalangan sama badan saya yang besar…”

Cuma sekedar saran untuk petugas Halte / outborder Busway TransJakarta dimana aja… mohon dengan sangat KETEGASANNYA saat mengatur antrian penumpang. Masih banyak penumpang yang “bandel” dan “egois”. Mohon juga di atur jadwal BBG yang biasanya bentrok dengan jam pulang kantor (saat penumpang lagi rame-ramenya dan macet-macetnya). Sudah banyak warga Jakarta yang percaya menggunakan jasa TransJakarta Busway untuk mobilitasnya sehari-hari. So, sudah sepatutnya perusahaan TransJakarta memberikan pelayanan yang terbaik. Terutama armada, pramudi dan petugasnya yang lain. Supaya lebih maju, dan semakin baik dimata masyarakat.

Ini hanya tulisan seorang penumpang TransJakarta Busway yang sehari-harinya menggunakan jasa angkutan missal ini. Jika ada yang kurang berkenan mohon di maafkan.. *sungkem*

@rulachubby  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar