Kamis, 25 Oktober 2012

Bali Trip Day 3

Yeay last day in Bali…

Last day senang – senang dan hura-hura…

Last day Liburannya…

Destination : Pasar Sukowati - Tanah Lot  - Bandara Ngurah Rai
(Jadwal Day 3, ah burem lagi )

Yap, destinasi hari terakhir ini hanya ke 3 tempat di atas. Tapi, gosipnya akan mampir ke JOGER juga loh buat belanja2.. Soalnya banyak yg rikues ke JOGER sih ya. Kesannya tuh, kalo ke Bali, tapi nggak ke JOGER kok ya nggak afdol banget. Hehehhe

Dan seperti biasa, sebelum berangkat, check out dulu dari hotel, foto-foto di depan hotel (ini tiap mau berangkat sih udah pasti), kemudian masuk ke bus masing-masing. Heheh..

Untungnya gue udah packing2 dari semalem, jadi pagi ini nggak terlalu heboh banget. Dan untungnya lagi laundry-an gue udah selesai. Bisa langsung di pake deh (soalnya emang nggak bawa banyak celana panjang sih).

09.00 WITA menuju Pasar Sukowati.

Belanja.. Belanja.. dan Belanja…

Pagi-pagi udah menjambangi pasar yang lumayan terkenal di Bali ini. Selain KRISNA dan JOGER, Pasar Sukowati bisa dibilang salah satu pusat oleh-oleh khas Bali yang wajib di kunjungi. Barang-barang yang di jual memang hampir sama dengan yang ada di KRISNA, bedanya kalau di Sukowati ini tidak di banderol alias bisa di tawar. Pilihan macamnya juga banyak kok. Seperti kalau kita ke Pasar Jatinegara saja. Para penjual, yang kebanyakan adalah wanita ini, mulai menawarkan dagangannya pada para pembeli yang mulai berdatangan. Ada yang sampai merayu loh.

“Ayo mbak di beli ini murah kok, masih bisa di tawar. Penglaris mbak pagi-pagi”

Ya kurang lebih seperti itulah celotehan para pedagang di Pasar Sukowati ini.

Gue dan 2 orang karyawan YPK (Vera dan mbak Yuli) tertarik dengan salah satu Ibu yang menawarkan baju Barong dan Daster Bali. Si Ibu mengajak kami masuk menuju lapaknya, yang ternyata terletak agak ke dalam (beneran persis seperti di Pasar Jatinegara deh).

Pada awalnya si Ibu penjual ini menawarkan harga yang agak tinggi untuk baju Barong, daster, juga kain Balinya. Tapi, seperti yang sudah diingatkan oleh Bli Kresna *sang pemandu wisata*

“Kalau belanja di Sukowati itu harus berani nawar harga rendah. Karena  para penjualnya sudah menaikkan harga terlebih dahulu. Apalagi baru buka toko” (ya kurang lebih seperti itulah)

Dan lagi, gue juga inget pesan dari teman gue yang nitip oleh-oleh dari Sukowati ini,

“Pokoknya harga daster disana tuh antara 20-25 ribu deh. Lu tawar lagi aja” gitu katanya.

Dan memang benar ternyata, dari yang awalnya harga 95rb rupiah, bisa jadi 35rb saja loh yaa.. Pinter-pinter nawar deh.  J

Selesai belanja di Pasar Sukowati, rombongan pun melanjutkan perjalanan ke Tanah Lot. Yeay \(^,^)/ tengah hari bolong, panas terik bin menyengat ini ke pantai, benar-benar bisa membakar kulit.

Perjalanan dari Sukowati ke Tanah Lot nggak terlalu jauh (sepertinya, lupa sih), soalnya jam 12-an kurang waktu setempat, rombongan sudah sampai di Tanah Lot. Makan siang, shalat dzuhur, kemudian cusss liat laut lagi..

Dari parkiran mobil sampai masuk ke Tanah Lot ini, banyak juga toko-toko yang menjual baju-baju, kain, sarung, sandal dan segala macamnya yang khas Bali. Namun, harga jual di sini relatif mahal, karena harga sewa tempatnya yang lumayan mahal juga *info dari Bli Kresna*

Ngapain aja di Tanah Lot?

Yang pasti, ya foto-foto dong... Terlalu indah lukisan karya Tuhan yang ada di Tanah Lot ini jika harus di ungkapkan dengan kata-kata. Jadi, lebih banyak fotonya kalau di sini.. hehehe…

Di Tanah Lot ini biasanya para turis mengunjungi Pura dan Ular Suci, dengan syarat untuk wanita tidak sedang "halangan" gituuu.. :))

Selesai berfoto-ria di Tanah Lot, rombongan kembali ke parkiran bus *itu juga setelah 3 kali di panggil lewat pengeras suara, baru terkumpul semua* dan melanjutkan perjalanan menuju Bandara Ngurah Rai.

Eitss… nggak langsung ke Bandara kok, bagi yang ingin mampir dan berbelanja ke JOGER di persilahkan loh. Memang sih, nggak semua yang peserta rombongan ikut mampir ke JOGER, hanya beberapa. Dan juga karena bus besar yang membawa rombongan tidak dapat parkir di JOGER yang terletak di Jl. Raya Kuta ini *saat itu parkiran sudah penuh dengan pengunjung lainnya*. Jadinya rombongan yang ingin mampir ke JOGER ini hanya di drop yang kemudian di tinggal deh. Bus dan rombongan yang tidak turun akan menunggu di KRISNA yang juga terletak di Jl. Raya Kuta *depannya Waroeng Miyabi*.

Nah, rombongan yang berbelanja di JOGER ini pun tidak bisa berlama-lama di dalam outlet yang saat itu agak ramai oleh pengunjung, karena hanya di beri waktu kurang dari 1 jam untuk berbelanja.

Bisa? Hahah, kalau gue sih langsung menuju rak-rak yang isinya tas. Ya, niat gue ke JOGER memang hanya ingin mencari tas. Tapi, di outlet yang lumayan luas dan ramai pengunjung itu, agak kesulitan juga ya menemukan tempat yang dituju. Setelah menemukan tempatnya pun gue masih bingung memilih model tas yang mana? Hahah untuk kasus ini gue sampai bertanya ke 3 orang *bagian dari rombongan* yang gue temuin.

Tidak hanya sampai di situ. Setelah selesai memilih, menuju kasir yang ternyata antriannya panjang benerrr… Alhasil gue nitip ke salah satu orang dari rombongan yang sudah mengantri agak ke depan. Biar cepat, karena Bli Kresna sudah memanggil rombongan melalui pengeras suara dari bagian informasi di outlet JOGER itu.

Setelah semua berkumpul di halaman depan outlet JOGER, rombongan kecil ini menuju KRISNA *tempat bus dan rombongan yang lain menunggu* menggunakan angkot yang dicarter. Ahaay.. dempet-dempetan di angkot ¾ itu. Untungnya nggak terlalu jauh.

Setelah sampai di KRISNA, Kuta ini rombongan kecil tadi langsung mencari belanjaan mereka sebelumnya dan membawanya ke outlet KRISNA untuk di packing. Nggak harus belanja di KRISNA dulu kok untuk packing belanjaan. Beberapa orang ada juga yang langsung makan, karena nasi kotak untuk makan malamnya sudah dibagikan sejak tadi. Karena gue masih kenyang, jadinya gue simpan saja itu nasi kotak untuk gue makan pas di bandara nanti.

18.30 WITA Bandara Ngurah Rai, Denpasar, Bali

Bagasi, yang menjadi banyak karena hampir semuanya memborong oleh-oleh untuk keluarga dan teman ataupun pacarnya di Jakarta itu di urus oleh ketua rombongan. Yang lainnya hanya duduk menunggu. Setelah Check-in, kemudian masuk ke ruang tunggu, yang ternyata pesawatnya delay 15 menit, gue memutuskan untuk memakan nasi kotak jatah makan malam gue tadi. Itu juga nggak gue habisin semua, masih kenyang banget. *maafkan saya nasiiii*

Oh iya, sambil menunggu pesawat yang delay, masing-masing peserta menuliskan kesan dan pesan selama liburan di Bali ini diatas spanduk yang sudah di sediakan.

Pesawatnya tepat waktu, delaynya hanya 15 menit dan nggak delay lagi. Hehee

Masuk pesawat, mencari tempat duduk, memasukkan tas ke kabin, duduk manis. Hampir sama seperti waktu berangkat dari Jakarta, kali ini gue juga dapet tempat duduk di tengah dekat sayap. Bedanya, kalau pas berangkat itu di sayap kiri, pas pulang ini di sayap kanan. Heheh..

19.30 WITA

Pesawat lepas landas, dan hanya terlihat lampu-lampu yang bersinar di antara gelapnya malam. Semakin lama, semakin mengecil, kemudian menghilang.

Lama perjalanan udara di malam hari ini sedikit lebih lama dibanding saat keberangkatan dari Jakarta di pagi hari itu. 1 jam 50 menit kalau tidak salah.

Sekitar jam 21.00 WIB tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng, Jakarta

Menunggu bagasi yang agak lama keluarnya. Kemudian menuju ke Halte bus DAMRI yang untungnya masih ada jurusan Pasar Minggu.

22.00 WIB di dalam bus DAMRI menuju Pasar Minggu

23.00 WIB Home Sweet Home

Sesampainya di rumah, Ibu langsung nanyain “kenapa di Bali?” dan otak gue langsung berujar “ah, adek gue bocor juga ternyata”

Sudahlah, yang penting sudah sampai di rumah dengan selamat.

Oh iya…
So much thanks for Bli Kresna, para supir dan kondekturnya yang telah sabar menemani rombongan berkeliling Bali.

Terima kasih juga untuk 2 bus gagah ini yang selalu mengantar rombongan selama 3 hari di Bali

Terima kasih juga untuk penginapan Nuansa Indah.

Terima kasih Faisal.
(foto dari FBnya Faisal)

Terima kasih BALI.

Terima kasih YPK. Next trip ke Singapore yeaah? hahha

Dan sekian dari gue.. mulai dari #BaliTrip Day 1 part 1part 2 lalu day 2 dan sekarang day 3.. Waahhh sudah lengkap yaa #BaliTrip guee... Semoga bermanfaat bagi yang membacanyaa..

Rula,

Pamit...

(Umm.. sebenernya gue mau jujur yah, saat gue nulis ini adalah tanggal 19 dan 25 Oktober 2012. Yang berarti sudah 1 bulan yang lalu *Bali Trip Day 3 itu tgl 25 September 2012* dan gue udah mulai lupa-lupa inget disana ngapain aja *maklum, short time memory*. Tapi, untungnya ada foto-foto yang membantu gue mengingat kejadian-kejadian selama di Bali.. Terimakasih foto.. :*)