Jumat, 14 September 2012

Pelembab, Foundation dan Bedak??


14 September 2012

Semua bermula dari Pelembab muka gue yang abis, dan gue lupa beli yang baru… Karena gue terbiasa  pake pelembab muka (terutama setiap mau keluar rumah), jadinya gue bingung gegara pelembab gue yang udah abis ini. Mau ga mau, gue keluar rumah hanya dengan polesan bedak tabur aja. 

Kemudian gue teringat sama ucapan si Tante, pemilik salon yang rumahnya beda beberapa blok dari rumah gue, saat beliau menawarkan barang dagangannya. Satu set krim malam, krim siang dan juga sabun pembersih wajahnya, yang katanya mampu mencerahkan kulit.

“Iya neng, kalo pake krim ini mah mukanya jadi cerah, kinclong mulus. Flek-flek hitam sama bekas jerawatnya hilang. Lihat nih muka ibu, ga harus pake bedak lagi juga udah cerah mukanya” ujar si Tante dengan logat Sundanya yang kental.

Masih teringat jelas perkataan si Tante saat promosiin barang dagangannya.

Emang sih, mukanya si Tante itu putih, mulus, bersih, ga ada flek hitam sama bekas jerawat (jerawatnya juga ga ada, sangking mulusnya). Padahal usia si Tante tuh hampir sama dengan umur Bokap gue yang kelahiran tahun ’55. Yaaa, sekitar 55 tahun deh umur si Tante itu. Tapi, mukanya masih keliatan like a 40 yo.

Back to the topik awal. (eh, belom di kasih tau juga apa topiknya.. hehe)

Jadi, kemarin siang, gue tuh iseng-iseng lempar ocehan gue di TL Twitter dan FB (yang gue ulang di malam harinya dan akhirnya gue lempar di bbm, ke beberapa ladies yg ada di contact gue, pagi ini)

“Dear Ladies.. Menurut kalian, apa sih fungsi bedak, pelembab dan foundation untuk wajah kalian?? #risetiseng #answerME”

Dan jawaban mereka semua beragam.. Beberapa ada yang mirip, dan simple. Untuk yang balas di Twitter, langsung gue RT dan jadiin Favorite.. Yang di bbm langsung gue capture.  Cuma untuk dokumentasi gue aja, ga bermaksud di sebarin di blog. Di sini, gue ga akan sebutin identitas narasumber gue .

Dan ini beberapa jawaban temen2 gue, dari Twitter dan FB:
*       klo aku buat melindungi muka dr matahari krn dlu pas kuliah ngga pnah pake alhasil byk black spot.gt rul L
*       aku pake BB cream, fungsinya skaligus jd foundie utk meratakan warna kulit, menyamarkan flek & spf. Bedak tabur utk mattifying.
*       pelembab br muka ga kering. Foundation buat alas sebelum bedak, bedak bt nyepurnain. Bt ngalangin debu jg.
*       Pelembab karna jenis kulit gw kering apalagi lbh sering d ruangan AC jd wajib pake. Bedak biar gak demek muka, haha.. :)) Gak suka pake Foundation, brasa di dempul muka.. :)))
*       melindungi wajah kali ya rul dr matahari, debu2 n polusi. pernah aq gak pake apa2 ampir stahun lebih malah jd mempercepat timbul flek dimuka.. hehe

Kalo yang ini, dari temen2 gue di bbm :
*      Pelembab buat ngelembabin kulit karena kulit gue normal cenderung kering..bedak buat supaya ga berminyak dari daerah T, foundation buat bantu cerahin wajah..
*      Fungsinya supaya muka kelihatan fresh, n ga kusam. Intinya bikin wajah enak di lihat.
*      Mengalasi muka dari sinar matahari.
*      Pelindung dr matahari…dan membuat wajah lbh bersinar
*      Buat lindungin kulit dr sinar uv, biar g kering, biar cantik
*      Untuk menutupi kekurangan di wajah kita.. Pelembab supaya kulit wajah tidak kering dan untuk perawatan.
*      Intinya klo ga pke ituu ga enaq ajaa mba :D
*      Buat menutupi kekurangan. Dasar make up. Pelembab ya pelindung sama merawat keremajaan wajah :D . Pas mulai kerja, kan tuntutan. Harus berpenampilan menarik. Di Jogja dlu nge MC soalnya kerja di eo music. Jd udh kebiasaan make up.
*      Biar cantik :D. ya untuk menjaga penampilan lah neeng.. namanya juga kan kosmetik. Klo gw mah polos2 aja yaah.. tapi mgkn ada jg yg demi eksistensi gara2 kosmetiknya mahal2. Gtu deh.
*      Biar wajah lebih lembab dan terang. Hehee..

Nah, itu jawaban beberapa ladies yg merespon #risestiseng gue (gue beneran copas ituh, ga ada yang di ubah tulisannya). Hehe. Rata-rata bilang untuk melindungi wajah, entah itu dari debu, polusi, sinar matahari dll. Beberapa menyinggung tentang flek atau black spot di wajah. Dan banyak yang menjawab “biar cantik”

Btw, gue juga sempet gugling tentang fungsi bedak, pelembab dan foundation ini sebenarnya. Dan ini yang gue dapet.


Fungsi foundation adalah untuk meratakan warna kulit, jadi warna foundation harus semirip mungkin dengan warna kulit wajah kita. 

Liquid foundation lebih ringan di kulit ketimbang stick foundation. Gunakan kuas khusus foundation untuk hasil yang lebih tebal atau sponge berbentuk segitiga untuk hasil yang lebih halus. 

Stick foundation lebih banyak dipakai untuk keperluan film atau teater. Karena hasil coverage yang dihasilkan lebih maksimal. Stick foundation cocok untuk yang memiliki masalah kulit seperti noda wajah, kulit kemerahan ataupun bekas luka karena dapat tertutup dengan baik. Apabila tekstur foundation agak kering, “panaskan” stick foundation dengan mengambil foundation seperlunya dan aduk di atas punggung tangan dengan kuas atau sponge. Panas tubuh kita pas untuk memanaskan makeup dengan tekstur cream.

Banyak yang mengira loose powder lebih ringan ketimbang compact powder. Padahal, loose powder lebih cepat meratakan warna kulit kita. Loose powder juga lebih sesuai untuk menutupi efek mengkilap dari foundation. Biasanya loose powder di gunakan untuk foto atau film karena efek coverage yang lebih baik. Namun untuk pemakaian sehari-hari sedikit merepotkan karena tempatnya yang cenderung besar dan harus membawa powder puff atau kuas bedak lagi. Cara memakai loose powder yang benar adalah dengan menepuk-nepukan puff pada wajah, bukan dengan mengusapkannya. Loose powder juga bisa dibuat lebih ringan dengan mengaplikasikannya dengan menggunakan kuas.

Compact powder selain lebih ringan dibawa juga ringkas. Cocok untuk pemakaian sehari-hari sekedar untuk ke kantor atau ke supermarket. Bentuknya yang compact juga tidak memakan banyak tempat di dalam tas. Kamu juga tidak perlu takut berantakan saat ingin touch-up.  Ada juga compact powder dengan berbagai macam warna seperti pink, hijau dan ungu yang berguna untuk menutupi kulit yang kemerahan akibat infeksi atau jerawat.


Fungsi bedak yaitu memberikan hasil akhir kulit yang lembut dan tidak kasar serta menutupi kekurangan yang tampak pada kulit, seperti flek, pori-pori besar, mengurangi atau menutupi minyak pada kulit khususnya kulit wajah yang dihasilkan oleh kelenjar keringat dan minyak.


Pelembab punya manfaat yang sangat besar terhadap kulit. Pelembab dapat membantu kulit untuk menjaga kadar air dan membuat wajah tetap lentur. Pelembabjuga menjaga kulit dari bahaya dehidrasi.


Foundation
Fungsi : 
1. Berguna untuk menyamarkan noda serta lingkar kehitaman di daerah mata.
2. Sebagai shading dan highlight pada beberapa bagian wajah, sehingga bentuk wajah terlihat lebih proporsional. Untuk tujuan ini gunakan beberapa foundation dalam berbagai tingkatan warna sesuai dengan bagian yang ingin di gelapkan (shading) atau di terangkan (highlight)
3. Sebagai penyamar noda untuk fungsi ini gunakan foundation berformula pekat dan sesuai dengan warna kulit. 

Loose powder
Disebut juga bedak tabur.
Fungsi : Menyatukan foundation dan concealer sehingga pori-pori tampak lebih kecil dan 
kosmetikpun bertahan lebih lama.



Compact Powder
Bedak dalam kemasan padat
Fungsi :
Memberikan efek rapi dan lembut pada riasan wajah secara keseluruhan


Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin dari Klinik Sakti Medika, dr Tina Wardhani Wisesa SpKK(K), mengakui pentingnya menggunakan pelembab wajah. Sebab, menurutnya pelembap wajah diperlukan oleh kulit untuk mempertahankan stuktur dan fungsi kulit dari berbagai faktor eksternal seperti udara kering, AC, sinar matahari, angin, dan faktor usia.

Selain itu, pelembab juga membentuk lemak pada permukaan kulit sehingga kulit menjadi halus, lentur, serta mengurangi penguapan air dari sel kulit. “Fungsi pelembab wajah yaitu mencegah kekeringan dan kerusakan kulit akibat faktor-faktor eksternal tersebut sekaligus membuat kulit lebih kenyal dan bersinar,” ujarnya.

Ia menjelaskan secara umum perempuan yang dianjurkan menggunakan pelembab wajah adalah perempuan di atas usia 30 tahun.


Ya, setiap wanita pasti di tuntut untuk tampil CANTIK. Entah dari pekerjaan, pasangan, lingkungan sekitar, bahkan dari diri sendiri. Tapi ga sedikit juga yang hanya mengutamakan KECANTIKAN FISIK saja. Banyak di antara kaum wanita yang lebih mengutamakan CANTIK DI DALAM atau lebih di kenal dengan INNER BEAUTY. Walaupun tak sedikit juga yang hanya MEMOLES luarnya saja, dalamnya ga di poles untuk lebih baik lagi.. 

Tapi itu PILIHAN..

Apapun pilihan kalian Ladies, JUST BE YOUR SELF..

Ingat ada pepatah yang bilang “Bukan CANTIK yang menyebabkan CINTA, tapi CINTA yang menyebabkan CANTIK”

Ga percaya?? Coba deh lihat temen-temen di lingkungan kalian yang sedang jatuh CINTA, pasti mukanya sumringah terus deh.. Dan selalu terlihat bahagia.. Sudah pasti terlihat semakin CANTIK dong..

So, kenapa harus takut Jatuh CINTA?? (eeh, kok ujung2nya kesini yah??) 

Just LOVE and BE LOVED in return...

Salam, 

v(^,^)v
 xoxo -R- xoxo

2 komentar:

  1. Sangat bermanfaat nih, terimakasih ka 👍

    BalasHapus
  2. Sudah ada pemberitahuan disetujui,tapi belum ada saldo masuk ke rekening

    BalasHapus